Fithriyah Binti 'Ibad Abdurrahman

Jumat, 06 Januari 2012

Naik haji nih..

Kedua orangtua saya baru saja pulang dari tanah suci. Alhamdulillah mereka sudah terpanggil. Sampai saat ini cita-cita saya dari zaman orok untuk pergi kesana masih kenteeel banget.
Mamah sama Bapak saya punya pengalaman tersendiri ketika disana.
Pasti adalah yaaa pengalaman masing-masing yang berkesan, mau itu kesan baik atau mungkin kurang baik.
Ada yang bilang ibadah haji ke tanah suci itu seperti simulasi kecil kita di akhirat nanti. Keadaan kita di padang Arafah umpama seperti di padang Masyar. Entahlah. Tapi yang jelas ada perlakuan baik ketika kita di tanah suci lantaran cerminan dari kehidupan kita dalam sehari-hari. Ada juga yang mendapat perlakuan yang kurang baik lantaran cerminan perlakuan kita dalam sehari-harinya.

Sempet takjub setelah mendengar orang tua saya bercerita ketika sampai di kediaman kami.

Ini cerita mamah :
"waktu mau shalat fardu mamah buru-buru ke masjid sebelum adzan, khawatir gak kebagian di dalem masjid. Waktu itu keadaannya lagi musim banget sakit batuk. Jama'ah haji kebanyakan pada batuk-batuk. Ini lantaran faktor cuaca.
Mamah yang waktu itu masih berdiri tiba-tiba batuk dan tanpa sadar keluar air kencing, sedikit banget rasanya, mungkin satu tetes, dalem hati rasanyaaaa panik. Adzan berkumandang sedang wudzhu malah batal. Harus balik lagi ambil air wudhunya. Sebenernya yang bikin panik itu masalah celana panjang yang mamah pake. kalau udah kayak gitu di rasa-rasa sih celananya sedikit kena air kencing. Mau gak mau mesti di buka karena kena najis. Dan yang makin bikin panik, bagaimana bisa pake celana? sedang khawatir kaki mamah keliatan, yang ada aurat mamah kebuka. Gimana cara mamah shalat kalau kayak gini? Walaupun mamah pake jubah, tapi tetep aja gak tenang, kan gak ada yang tau kalau tiba-tiba pas shalat jubah mamah ke geser. terus kaki mamah keliatan. Mamah panik luar biasa. Sampe akhirnya mamah serahin ke Allah.
Luar biasanya, Subhanallah kaos kaki mamah tiba-tiba panjang sendiri sampe lutut, mamah bener-bener kaget, merinding sendiri. Karena mamah sebelumnya pake kaos kaki pendek ukuran dia ataa mata kaki sedikit. Mamah gak punya kaos kaki panjang selutut, tapi kenapa bisa mamah tiba-tiba liat kaos kaki itu mamah pake di kaki mamah. Mamah yang waktu itu beres ambil air wudhu langsung takjub. Akhirnya mamah bisa shalat dengan tenang walaupun masih mikir kenapa bisa terjadi. Yah kejadian kayak gini mungkin aja bisa terjadi dengan izin Allah. Bisa di lakukan dengan mudah oleh Allah. Beresnya mamah shalat di Masjid mamah langsung ke hotel tempat mamah nginep, pas mamah mau buka kaos kakinya tau-tau mamah liat dengan jelas kalau kaos kaki yang mamah pake itu kaos kaki pendek yang ukurannya dia atas mata kaki sedikit. "

Subhanallah.. Aku merinding loh denger langsung dari mamah :')

beda lagi kalau ceritanya bapak.. kapan-kapan cerita deh pengalamannya bapak.

Saya berharap bisa cepet-cepet kesana. Menurut saya, tidak sembarangan orang yang bisa menunaikan ibadah haji. Bagi Umat yang tinggalnya bukan di Mekah, seperti saya yang tinggal di Indonesia ini, pastinya selain harus siap rohani dan materi. Kenapa materi? Karenga biaya kesana gak sedikit. Yah Biaya, tapi biaya bukan faktor utama, karena banyak warga ndonesia yang pergi ke tanah suci tanpa mengeluarkan uang dari sakunya sendiri. Hey, walau mungkin biayanya sedikit. Tapi ada Allah Al-Ghonniy yang Maha Kaya. Gak ada apa-apanya untuk biaya yang segitu.

Sebenernya faktor yang paling utama menurut saya adalah hati, karena tidak sedikit manusia yang mengelak untuk segera menunaikan rukun islam kelima ini. Banyak yang berduit tapi engan, banyak yang tiada berduit tapi sangat rindu. Yah, inilah kehidupan. Ada yang lempeng hatinya, ada yang lurus, ada yang mandet, macem-macem deh.
Semoga kita termasuk ke dalam orang-orang yang beruntung yaaa. :D

Pernah denger gak sih? Kalau hati kita ini bisa tertutupi oleh bintik hitam? Bintik hitam akan muncul ketika kita melakukan maksiat, dosa. dan ..... intinya yang buruk-buruk.
Kalau bintik hitam ini didiemin lama, sedang keburukan makin menjadi-jadi makaaaa.. Bisa jadi hati kita jati item legam ketutup bintik-bintik hitam. Hey bisa ketutup kan? lah ya iyah kalau banyak banget. Ya kaaaaaan?
Gimana tuh jadinya?

Dan ada cara membersihkan bintik hitam yang udah lekat banget itu.
Caranya dengan banyak-banyak istighfar. InsyaAllah lama-lama bisa memudar.
Yuk banyak istighfar :D
Setuju yaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar