Fithriyah Binti 'Ibad Abdurrahman

Kamis, 16 Februari 2012

Kita bisa ambil ibrohnya buat kisah ini

Guys, gw mau cerita sesuatu. Ini kisah nyata yang gw denger dari sobat gw. Semoga yang baca bisa ambil kebaikannya.

Di sekitar tempat gw tinggal, suka lewat salah seorang yang bisa di katakan sudah tidak sehat lagi akalnya. Sebut saja dia 'X'.
Perawakannya tidak terlalu tua. Dia rapih dari segi pakaian, tapi seiring bertambahnya tahun, dia terlihat agak kumal sekarang.
Yah Entahlah,


Dari cerita salah seorang teman gw itu. X adalah seorang yang sangat cerdas di masa lalunya. Dulu ketika mengikuti tes perguruan tinggi negeri. X adalah salah satu dari dua orang yang lolos seleksi. Dan ini hebat sekali, karena di zamannya pada saat itu, hanya dua orang dari provinsi Banten yang masuk seleksi perguruan tinggi negeri. X masuk IKIP. Entah IKIP mana.

Dia terkenal cerdas di kalangan daerah kami.
Masih misteri mengapa dia bisa mengalami gangguan jiwa, tapi kisah yang di ceritakan, X tidak kuat mental berada di daerah rantauan, entah seperti apa dan karena apa, ada yg menuturkan karena disana kehidupannya banyak yang lebih layak di banding dia sehingga dia sangat minder. Tapi Wallahua'lam

Jadilah dia seorang yang tidak sehat akalnya namun unik. Kenapa unik? karena sering gw liat dia ngoceh sendiri sambil nulis-nulis sesuatu di buku miliknya sendiri, atau juga baca-baca sambil ngoceh gak jelas membuka lembar demi lembarnya.
Kadang bukunya emang beneran nyata tulisan beneran, kadang pas gw peratiin, dia bawa buku isinya coretan semua. Coretan gak karuan. Tapi mukanya seriuuuuus banget baca itu tulisan.
Gw bingung gimana mungkin coretan itu bisa di baca. Hahaha

Ibrohnya dari kisah ini.
Kita mesti punya iman yang kuat. Kita harus yakin bahwa semua ujian kehidupan kita yang dateng itu pasti ada jalan keluarya. Setiap ujian di ciptakan tuhan beserta jalan keluarnya kok tenang aja ! :D
Oya, kita harus yakin juga bahwa seberat apapun ujian itu, pasti Allah akan mudahkan jalannya.
Allah yang akan memudahkan.
Disini Allah cuma mau lihat action kita seperti apa.
Mau bagus, jelek, konyol, indah, buruk.. apapun itu yaaaa terserah lo. Karena lo sendiri yang jalanin. Lo sendiri yang milih.
CUma ada dua pilihan. Bagus atau buruk! Entah nyebutnya gimana juga intinya bagus atau buruk.

Nah gw mau cerita kisah yang kedua.
Ini kisah tentang kakaknya si 'X'.
Sebut saja dia 'Y". Kalau X itu laki-laki, sedang Y itu perempuan. Ini bertolak belakang namun sama. Yah seperti ilmu geometri dasar bahwasanya sudut yang saling bertolak belakang itu sama. #gak nyambung emang, soalnya bukan masalah sudut. Haha ==

Oke Next, Y mengalami gangguan jiwa dikarenakan ketiga anaknya di ambil paksa oleh suaminya. pasti lo bingung? Jadi gini, suami Y ini dulunya beragama konguchu. Si konguchu ini pengen banget nikahan si Y. Tapi si Y punya syarat. Dia bakal mau si ajak nikah kalau ini konguchu mau pindah agama jadi Islam.
Singkat cerita konguchu ambil keputusan jadi muallaf.

Dapet anak nih ya tiga.
Tapi berjalannya waktu. ini muallaf kebelenger ceritanya.
Muallaf ini balik lagi ke konguchu. Jadilah Murtadin.

Bom atomlah jadinya di keluarga itu.
Ledakannya dahsyat. Konguchu itu ambil secara paksa ketiga anaknya, dan Y menjadi depresi sampai akalnya menghilang (Gila).

Itulah penyebab Y menjadi gila.

Tapi gw bukan mau bahas tentang Y.
Gw mau ambil tokoh luar biasa. Lo tau siapa? Tapi sayangnya lo gak bisa tebak karena gw belum cerita tentang tokoh yang satu ini.
Oke, sebut saja dia Mawar, Mawar ini usianya masih sangat belia. Dia adalah anak pertama si Y. Tapi bukan anak dari konguchu ini yaaa. Mawar ini adalah anak kandung si Y dengan mantan suaminya sebelum dia menikah dengan konguchu.
Menurut cerita, Y mngotot minta cerai lantaran kena api cemburu. Sayangnya ini cemburu buta banget karena kenyataannta cuma salah paham. Hmm astaghfirullah..

Mawar ini tumbuh menjadi anak yang berbakti.
Dia tumbuh dengan mengetahui bahwa ibunya adalah seorang yang memiliki penyakit kejiwaan (Gila).
Mawar tidak peduli dengan itu, dia tetap mengakui ibu kandungny. Dengan berani dia mengaku pada setiap orang bahwa Y adalah ibu kandungnya. Sejak usianya yang kecil dia tidak sedikitpun malu tentang kenyataan bahwa ibunya telah gila.

"Ini mamah aku, dia yang udah ngelahirin aku. Aku sayang dia. Ujarnya sambil memeluk dan mencium mamahnya yang sudah gila."

Menurut pengakuan warga sekitar, mawar sering mencari-cari ibunya, memeluknya jika bertemu, dan terkadang memberinya uang kepada ibunya. Bahkan pernah suatu hari, ayah mawar mencari-cari mawar dikarenakan dia tidak pulang sampai larut malam. Setalah di cari-cari, ayah mawar menemukan mawar sedang tidur bersama ibunya di gubuk keci, tempat tinggal ibunya. Tidak ada rasa takut sama sekali dalam diri mawar terhadap dirinya yang tertidur pulas bersama ibunya yang sudah tidak sehat akal itu. Gubuk kecil itu merupakan pemberian adik ibunya. Adik ibunya itu merasa masih bertanggung jawab terhadap kakakny sehingga di buatkan gubuk kecil itu.

Ini kisah luar biasa tentang seorang anak.
Mawar adalah seorang anak yang berbakti.
Iya bertutur dia akan selalu sayang kepada ibunya.

Dan satu lagi yang bisa kita ambil kisah dari ini, ternyata si Y masih mengingat keempat anaknya secara baik.
Terkadang Y menyapu-nyapu jalanan hingga ada orang yang memberikannnya makanan ataupun uang. Dan hasilnya dia berikan kepada tiga anaknya yang sudah ada dalam genggaman konguchu dan tentnunya untuk satu anaknya lagi yaitu mawar. Dikabarkan bahwa ketiga anaknya itu dilarang keras menemui ibunya sendiri. Si Y masih ingat dengan jelas lokasi kediaman kedua mantan suaminya. Sehingga dia dengan legowo datang menitipkan beberapa makanan untuk anak-anaknya.


Lihatlah kisah ini, walau dia sudah gila, tetapi naluri keibuannya masih tetap lekat. Naluri luar biasa keibuannya tetap abadi.






Maka kasihi dan cintai ibu kita masing-masing.
Jangan siakan keberadaannya.
Bersikaplah lembut terhadapnya, karena hatinya berpotensial terluka oleh setiap sikap buruk anak-anaknya.

Enggak ada ibu yang jahat di dunia ini, gw yakin itu. Lo juga harus percaya !
Jaga ibu lo masing-masing,

Doain terus buat dunia akhiratnya,
jaga hatinya. :'D








Klik di link di bawah ini untuk kisah anak yang berbakti :
Kisah anak yang berbakti
Balasan Syurga untuk anak berbakti

1 komentar:

  1. tapi sekarang,2012 semoga beda..
    ada ibu yang jahat>..
    mau bukti??
    banyakkan sekarang anak yang di huang/?atau saat ia hamil,ia menggugurkan janinnya..

    apakah itu bukan termasuk ibu yang jahat??

    BalasHapus