Fithriyah Binti 'Ibad Abdurrahman

Kamis, 08 Maret 2012

Antara Pantulan Bola Basket dan Sedekah

Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut.
Bola basket ituuuuu, oh stop! gw bukan mau ngomongngin lebih detail tentang bola basket.
Gak tau kenapa rasanya itu jadi keinget masa-masa muda mantul-mantulin bola basket (ceilah muda haha). Pasti kebayang kan gimana mantulin bola basket itu?
Nah loh kalau gak kebayang jangan-jangan udah lama banget gak pegang bola basket? Atau yang lebih parah gak pernah pegang sekalipun. uwaaa yang bener aja :P

Gw inget banget dulu awal-awal pegang bola basket pas zamannya SMP, kenapa SMP? Karena di SD gw waktu itu ngenalinnya cuma bola kasti. :D

jiah, ini malah panjang lebar ke bola-bola juga yaaa hahaha..
Tapi gpp kali yaaa. Ini ceritanya gw keinget zaman bahela.
Pas baru tau bola basket, gw bingung tuh gimana maeninnya, bukan cuma bola basket aja, bola voly juga gw bingung bukan kepalang.
Bisa di bidang olahraga gw itu buruk banget.
Tapi yang jelas buat ngilangin judul buruk itu juga jadi nekat ikutan ekstrakulikuler olahraga. Ihiw hahaha jago dong gw akhirnya walaupun menderita kena omel mulu. (Gimana gak kena omel, murid paling parah seantero jagad kayaknya. lebay) hahaha :D
Gw juga masih inget, gimana gw pertama kali maenin bola basket, waktu itu gw di pasangin sama satu temen gw yang pake kaca mata, karena semangetnya gw waktu itu, eh tiba-tiba itu bola basket bukannya gw pantulin ke tanah tapi malah gw pantulin ke muka temen gw itu. Cederalah dia, kacamatanya jatoh, badannya ambruk, timbul merah gelap di sekitar matanya, dan nangis!
aaaaaaaaaaaaagh gw bingung saat itu. Ngerasa jadi pembunuh di tengah-tengah lapangan bola basket. Mana waktu itu baru banget masuk SMPnya.
ya ya ya, itu ingatan yang masih gw inget terkait bola basket,
lama-lama sedikit jago, ( enggak padahal haha)
Tapi setidaknya tau lah dikit-dikit mantulin bola yang bener itu kayak gimane :P

Dan gw mau ngaitin antara pantulan bola basket dan sedekah.
Kenapa gw mau ngaitin itu? Ada satu pesan yang mau gw ungkapin..
Lo lo yang doyan banget maen basket nih yaaaa.
Coba sekarang ambil bola basketnya, terus pantulin deh tuh yang bener.
Apa yang terjadi?
Itu bola bakal balik lagi ke tangan lo kan?
Iya gak sih?
Lah jelas iya. :P
Begitupun dengan sedekah. Bisa nyimpulin sendiri kan maksud gw?
Berapapun sedekah yang kita keluarin itu bakal balik lagi ke kita, BALIK LAGI! Bahkan Allah kita bilang bakal balik lagi lebih luar biasa dari yang kita keluarin. Penah denger dong pentingnya kita doain orang lain? Kita gak perlu mikir-mikir gak ada untungnya berdoa buat orang lain yang belum tentu orang lain itu inget atau peduli dengan kita. Kenapa begitu? Karena seiring kita berdoa untuk orang lain, maka Malaikat di sekitar kita akan mendoakan sama persis apa yang kita ucapkan untuk orang lain.
Kita emang gak semestinya ngarep buat balesannya yang bakal balik lagi atau apalah itu., Tapi ini RIIL. Allah kok yang bilang gitu.
Di Al-quran itu ada kata sedekah yang di ulang 43 kali.

Yang sering gw denger kalau lagi bahas sedekah itu, nyerempetnya ke masalah ikhlas.
Nah loh, kalau masih muter-muter ngomongin ikhlas, yah kapan juga bisa sedekahnya.Kalau ada yang bilang "sedekah tanpa ikhlas itu percuma", gw agak sedikit gak setuju.Nih yaaaa. Gw mikirnya gini, misalnya ada bapak-bapak ngasih sumabangan dengan jumlah besar untuk korban banjir, anak panti atau apa deh itu. Kalau toh itu bapak ujung-ujungnya gak ikhlas karena sesuatu hal, menurut lo apa itu tetep percuma? Gw anggap enggak! Hey, bapak itu bisa dapet pahala kebaikan dari perbuatanya. Dan orang yang menerima sumbangannya itu bisa jadi lebih berterima kasih kepada tuhannya. Dan enggak di pungkiri si penerima bakal ngedoain orang yang udah bikin dia seneng. Iya kan? Bayangin deh, siapa yang udah bikin penerima2 itu seneng? siapa? yaaa bapak itu kan? Jadi dimana letak percumanya ? Hihi :P
Sedekah itu emang enggak mesti pake uang. Kayak berbagi minum di kala temen lagi haus, ngasih tempat buat duduk di kala temen lagi berdiri. dll banyak rupanya.
Tapi gak di pungkiri ding banyak yang kelaperan dan butuh banget uang buat makan?
Gak di pungkiri dong banyak yang sakit butuh banget uang buat berobat?
Senyum itu sedekah. Wah iya Banget, Islam itu istimewa, sampai bilang senyum itu sedekah. Oh ya pasti dong. Ini kesempatan yang di kasih buat kita-kita yang sama sekali gak bisa ngasih apa-apa selain senyum.
Gw ngomong gini bukan berarti nyepelein senyum sama sekali yaaaa :D
Yang jelas, di senyumin itu nyamaaaaaan banget, bikin hati itu makyos tenangnya. Bahkan bisa bikin hati orang kelepek-kelepek. iya gak? Hayo ngaku! :P
Bahkan pernah nih, ceritanya gw ngadep salah satu dosen yang kata banyak mahasiswa alooooooot banget buat senyum. Biasanya sih tampang gw di bawa enjoy aja gitu, nyengir-nyegir kuda, tapi untuk kali itu gw lagi gak mau banget nyengir-nyengir kuda. Kakuuuu banget gw, sekaku beliau yang biasa gw kasih nyengir kuda. Eh ini nih yaaa, beliau malah gantian nyengir kuda ke gw pas gw kaku banget ngomongnya. ahahahahhahah keluar dari itu ruangan gw langsung melongo jangka panjang sambil nyengir. Di kepala gw muncul pertanyaan. "Kenapa ya? kok bisa? Loh? ih?"
itu seputar senyum yang emang faktanya bikin nafkah hati orang banyak terpenuhi. Tapi enggak banget kalau bahasannya untuk mereka yang kelaparan, kesusahan, kesakitan.
Lah iyalah, masa orang laper kita kasih senyum BIG? Kebanyang gak? hahaha gak bikin kenyang yang ada itu orang yang lagi kelaperan ngeyel dalem hati. "Ini orang nyebelin juga yaaa, ini orang rada gak beres kayaknya."
Ops ops ops. gw gak mau sama sekali nyakitin banyak pihak dengan mungkin perkataan gw yang ganjil. Yang jelas kita semua punya tujuan yang sama kan yaaa?
Apa tujuan hidup lo sampe sekarang coba?
ayo ayooooo :P

"Menyenangkan Allah" itu tujuan hidup gw. Gw sayang Allah. Bangeeeeeeeeet !
Love Allah, muach, muach !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar